Kisah Hikmah & Keutamaan Doa Keluar Rumah


Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa
[arti doanya: dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal (berserah diri) kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan melainkan dari Allah] Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ [HR. Abu Daud, (no. 5095) At-Tirmidzi, (no.3426)]

***

Cukup jelas dari hadits diatas keutamaanya itu ada tiga hal yang diterangkan oleh beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu:
1. Mendapatkan petunjuk dari Allah ta’ala
2. Mendapatkan kecukupan dari Allah ta’ala
3. Mendapatkan perlindungan dari Allah ta’ala

Alhamdulillah (tahadduts bin-ni’mah – wa laisa minas sum’ah, insya Allah ) kami senantiasa membaca doa keluar rumah karena kami meyakini akan keutamaannya.

Kebetulan tadi sekitar ba’da Isya saya keluar rumah pakai motor, dalam kecepatan kurang lebih 60-70 km/jam dan kondisi ramai tiba-tiba saja di depan ada motor menyeberang lalu berhenti tiba-tiba di tengah jalan hingga akhirnya, motor-motor yang ada di hadapan saya panik dan banting stir, qodarullah kecelakaan beruntun pun tak bisa dielakkan.

Namun ada seorang (rupanya) ibu menggunakan beat yang jatuh tergeletak dalam perisitwa tersebut sehingga akhirnya saya pun harus banting stir dalam kecepatan 60-70 km/jam, dan hampir saja ban depan motor saya mengenai si ibu, dan kalau seandainya Allah tidak menjaga saya niscaya saya akan melindas kaki si ibu dan saya pun terjatuh, namun Alhamdulillah dalam kondisi tersebut Allah menjaga saya hingga akhirnya selamat dan tidak menabrak siapapun.

Setelah itu akhirnya ramailah orang-orang dan saya pun meneruskan perjalanan saya, sembari merenung dosa apa yang telah saya perbuat, tapi saya berpikir lagi, oh masya Allah walhamdulillah rupanya tadi pas mau berangkat saya sempat berdoa sebelum keluar rumah, dan itulah sebabnya saya selamat yakni dengan membaca DOA KELUAR RUMAH, kalau saja pas mau berangkat keluar rumah saya lupa baca do’a Wallahu a’lam entah bagaimana jadinya…

Dan hikmah kejadian tadi, sebetulnya bukan sekali dua kali saya alami, dan memang pernah saya mengalami kecelakaan kecil dan setelah saya renungi oh rupanya saya lupa baca doa keluar rumah, walhasil dari apa yang ingin saya sampaikan adalah:
Bacalah doa selagi masih diberi ingatan untuk membacanya dan jangan ditunda-tunda untuk membacanya, toh doa-doa tersebut pendek2 dan mudah dihafal.

***

Walhamdulillah saya selamat wal afiyat hingga akhirnya bisa update status dan berbagi kisah ini terhadap ikhwah sekalian. Semoga dapat dipetik hikmahnya

Tinggalkan Testimoni Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s