Larangan Menggangu Muslim Lainnya


‎أنا مظلوم لأنه الجيران ظالم‎

***

Ketahuilah, terdapat sebuah hadits larangan mengganggu muslim lainnya:

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ عَنْ الْقَعْقَاعِ بْنِ حَكِيمٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ وَالْمُؤْمِنُ مَنْ أَمِنَهُ النَّاسُ عَلَى دِمَائِهِمْ وَأَمْوَالِهِمْ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah, telah menceritakan kepada kami Al-Laits dari Ibnu Ajlan dari Al-Qa’qa bin Hakim dari Abi Shalih dari Abi Hurairah radhiyallah ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Seorang muslim (yang sejati) adalah orang yg mana orang muslim lainnya selamat dari (bahaya) lisan & tangannya, & seorang mukmin (yang sejati) adalah orang yg mana manusia lainnya selamat dari (bahayanya) pada darah & harta mereka. Abu Isa berkata; ‘Ini hadits hasan shahih.” [HR. Tirmidzi (no.2551)].

Dari situ dapat dipahami bahwa hak seorang muslim ialah mereka selamat dari gangguan lisan dan perbuatan kita.
Demi sebuah acara akhirnya mereka harus menganggu muslim lainnya bertambah buruk lagi mereka tidak meminta izin kebisingan terhadap pihak-pihak yang terkait.

Kalau di negeri kafir semisal “amriki” saja membuat bising tetangga bisa ditangkap polisi kok bisa di negeri ini yang notabene-nya muslim dibiarkan?

Kami jadi bertanya-tanya, mengapa orang kafir bisa menghargai kafir lainnya sedangkan muslim malah menganggu muslim lainnya?
Jawabannya karena mereka jauh dari Agamanya bahkan semakin menjauh sehingga kebodohan demi kebodohan yang bersemayam di dalam jiwa dan hidup mereka.

Menikah itu memang sunnah namun bisa jadi musibah bagi yang lainnya ketika adab-adab Islam dilupakan, hak-hak muslim diabaikan, oleh karenanya jauhilah kebodohan dan kedunguan sebelum kedua hal tersebut semakin betah menggerogoti hati hingga akhirnya tenggelam dalam lautan kegelapan. Wal’iyaudzubillaah.[Status Facebook Maktabah Manhaj Salaf]

Tinggalkan Testimoni Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s